Belajar Menciptakan Karya

Kegiatan yang dilaksanakan UKM USER ternyata tidak hanya seru, tapi juga menambah wawasan baru. Paket lengkap pokoknya! Apalagi narasumber yang akan memperkaya pengetahuan kita juga nggak kalah hebat dalam proses penciptaan karya seni rupa. 

Kegiatan kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2023 dan bertempat di Pojok Sebul, Kedai Santai, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Salah satu kegiatan UKM USER yang sempat vakum kala pandemi melanda adalah Kelas USER. Tidak sepenuhnya vakum, hanya berganti bentuk menjadi yang semula luring menjadi daring. Kelas USER merupakan wadah yang diinisiasi untuk menambah dan mengasah kemampuan anggota UKM USER dalam menciptakan karya seni rupa. Kelas USER sendiri hadir dengan berbagai tema dan topik menarik tiap batchnya. Sedangkan pada kesempatan kali ini diangkat judul “Aplikasi Dasar-Dasar Seni Rupa dan Proses Penciptaan”

Bapak Drs. Suhardi merupakan narasumber kelas USER yang sempat disinggung pada awal tadi. Pak Suhardi merupakan pelukis purna dinas staf pengajar di SMA Negeri 8 Yogyakarta sekaligus pelatih resmi UKM USER. Bukan hanya teknik lukis yang digunakan, tetapi makna dan filosofi yang beliau sisipkan ke dalam karya seni juga bikin geleng-geleng kepala. TOP. Berikut merupakan salah satu karya seni dari Bapak Suhardi:

 

Setelah dibuka secara resmi oleh ketua UKM USER periode ini, Kelas USER pun dimulai. Narasumber memaparkan materi-materi mengenai dasar-dasar seni rupa mulai dari pemunculan ide yang berasal dari lingkungan sekitar, keresahan dan masalah hidup, kekaguman dan apresiasi, serta masih banyak lagi. Bapak Suhardi juga menjelaskan mengenai manfaat penciptaan karya, metode penciptaan karya, hingga sistematika pembuatan karya dari awal hingga akhir. Sangat sayang apabila dilewatkan, bukan?

Setelah pemaparan ilmu dan sharing wawasan, teman-teman yang mengikuti kelas USER diminta untuk menggambar atau melakukan proses penciptaan karya. Karya tersebut kemudian dikumpulkan dan dibedah serta diulik bersama dengan Pak Suhardi. Melalui agenda bedah karya, Pak Suhardi menekankan pada peserta untuk selalu berusaha memaknai tiap karya, sehingga dalam proses penciptaannya tidak hanya memikirkan bagaimana keindahan sebuah karya, namun juga bagaimana makna di balik karya tersebut. Keseluruhan kegiatan Kelas USER ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan motivasi untuk terus belajar dan mengembangkan skill dalam penciptaan karya seni rupa. Teman-teman yang datang pastinya membawa oleh-oleh berupa ilmu yang berbeda, tergantung dari apa yang ditangkapnya, tetapi harapan dari pengurus UKM USER sebagai penyelenggara kegiatan ini tetap sama yaitu mampu meningkatkan semangat berkarya dan memperkaya pikiran teman-teman mengenai seni rupa. Sampai jumpa di Kelas USER berikutnya, yang pastinya kembali dengan topik-topik dan bahasan yang menarik! Sampai jumpa lagi –

Penulis: Saturnnsky

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top