Ramadhan Bersama USER: Kelas USER #2 X Buka Bersama

Ngabuburit dapat diartikan sebagai waktu menunggu buka puasa. Tradisi ini identik dengan Ramadhan dan biasanya diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang dapat dilakukan baik sendiri, maupun bersama keluarga atau teman. Diadakan bertepatan dengan Bulan Ramadhan, Kelas USER #2 berperan sebagai sarana ngabuburit bagi anggota USER angkatan 11 dan 12. Kegiatan diadakan pada 16 Maret 2024 di ruang rapat GOR Pancasila UGM, mulai dari jam 15.30 sampai setelah berbuka.  

Setelah dibuka dengan sambutan oleh Tika Nuramini selaku ketua USER periode 2024, kelas USER #2 dimulai dengan pembahasan tentang art curatorial. Materi dibawakan oleh Kak Ima yang juga merupakan seorang kurator. Materi tentang art curatorial dibahas banyak dan mendalam, mulai dari sejarah art curatorial, perkembangan bidang pekerjaan kurator hingga masa kini, skill yang harus dimiliki seorang kurator, sampai pameran dan curatorial process. Pada akhir sesi materi, peserta Kelas USER #2 dibagi menjadi 4 kelompok beranggotakan 7-8 orang. Peserta ditugaskan untuk membuat sebuah rancangan pameran seni untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari dari kelas untuk dipresentasikan di akhir kegiatan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi berbuka puasa bersama peserta Kelas USER #2. Sesi disambut para peserta dengan sangat antusias. Takjil gratis berupa gorengan tahu isi, donat gula, dan es sirup dibagikan. Para peserta Kelas USER memanfaatkan momen buka puasa bersama ini untuk berinteraksi dengan satu sama lain, baik hanya dengan mengobrol tentang kegiatan perkuliahan masing-masing, maupun bertukar cerita tentang hobi dan minat satu sama lain. Sesi berbuka puasa ditutup dengan kegiatan sholat maghrib bersama. 

Kelas USER #2 dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi rancangan pameran masing-masing kelompok. Para peserta menyampaikan ide-ide unik dan brilian mereka di depan para peserta lain dengan penuh semangat. Rancangan pameran masing-masing kelompok kemudian diberikan feedback oleh Kak Ima di akhir setiap presentasi. Kegiatan ditutup oleh MC dengan doa dan selesai pada jam 19.30.

Kelas USER #2 yang diadakan bertepatan dengan bulan Ramadhan menjadi sarana ngabuburit yang penuh dengan kegiatan positif seperti belajar dan mendapat ilmu pengetahuan baru serta menerapkannya dengan kreativitas masing-masing. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga membuka kesempatan para peserta untuk saling bersilaturahmi satu sama lain di luar kesibukan perkuliahan. Kelas USER #2 menjadi kegiatan yang disambut dengan antusias dan semangat oleh para pesertanya.

 

Referensi:

Universitas Pasundan. (2022, April 5). Tahukah Kamu? istilah ngabuburit Ternyata Berasal dari Bahasa Sunda. Universitas Pasundan. https://www.unpas.ac.id/tahukah-kamu-istilah-ngabuburit-ternyata-berasal-dari-bahasa-sunda/#:~:text=Istilah%20Ngabuburit%20Ternyata%20Berasal%20dari%20Bahasa%20Sunda,-Posted%20on%20April&text=BANDUNG%2C%20unpas.ac.id,ngabuburit%20diisi%20dengan%20berbagai%20kegiatan. 

Penulis : Kirana

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top