Kilas Balik: USER dalam PORSENIGAMA 2023

Terhitung hari ini, sudah hampir satu bulan sejak ditutupnya rangkaian acara Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (PORSENIGAMA) 2023 yang berhasil dilaksanakan selama sebulan penuh, dimulai dari 14 Oktober hingga 25 November 2023. PORSENIGAMA menjadi ajang prestisius yang menggabungkan kompetisi olahraga dan seni antar fakultas dan sekolah di Universitas Gadjah Mada (UGM). Tujuannya adalah mencari bakat terpendam, tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga di ranah seni, sekaligus memperkuat semangat juang dan sportivitas di kalangan mahasiswa UGM.

Dalam penyelenggaraan tiga dari tiga belas tangkai seni yang ada, PORSENIGAMA menggandeng Unit Seni Rupa (USER) UGM untuk turut berkolaborasi dan memberikan kesempatan bagi seniman berbakat dari berbagai fakultas dan sekolah yang ada di Universitas Gadjah Mada untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam perlombaan Lukis Tradisional, Komik Strip, dan Poster Digital. Perlombaan ini, yang dilaksanakan dalam dua hari, berhasil menciptakan berbagai karya seni yang memukau dan menggambarkan keberagaman bakat di kalangan mahasiswa.

Dalam kolaborasi ini, USER UGM memainkan peran kunci dalam merancang kegiatan lomba pada ketiga tangkai seni yang diperlombakan. Proses perancangan lomba melibatkan beberapa tim dari anggota USER, yang tidak hanya bertujuan untuk menyelenggarakan perlombaan tangkai seni tingkat universitas, tetapi juga sebagai wadah pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi anggota USER di bidang penyelenggaraan perlombaan seni. Melalui berbagai proses yang panjang, USER UGM juga berhasil menyelenggarakan satu tangkai seni baru pada PORSENIGAMA tahun ini, yaitu perlombaan Komik Strip. Konsep lomba ini mengajak peserta untuk mengungkapkan cerita atau ide berdasarkan tema perlombaan dengan format komik strip menggunakan media kertas gambar yang telah disiapkan.

Setelah penyelenggaraan perlombaan tiga tangkai seni, USER UGM juga melakukan kolaborasi bersama Unit Fotografi (UFO) UGM untuk menggelar pameran PORSENIGAMA 2023. Pameran berlangsung selama dua hari, dari tanggal 4 hingga 5 November 2023, di selasar filsafat ini bertujuan untuk mengapresiasi karya-karya seniman yang diperlombakan serta menentukan juara favorit dari masing-masing tangkai seni. Pameran seni ini merupakan pameran seni yang pertama kali diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara PORSENIGAMA, yang juga sekaligus menutup rangkaian acara perlombaan yang diselenggarakan oleh USER UGM dan UFO UGM.

Pameran PORSENIGAMA 2023 tidak hanya menjadi perayaan seni, tetapi juga menandai keberhasilan kolaborasi antara USER UGM dan UFO UGM dalam menyelenggarakan acara seni yang bertaraf universitas. Semangat juang dan kerja keras para seniman dan penyelenggara menciptakan momentum istimewa dalam menjadikan PORSENIGAMA 2023 sebagai momen bersejarah yang memperkaya dunia seni rupa dan fotografi di Universitas Gadjah Mada.

Penulis: Aree

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top