Belajar dan Saling Mengenal dalam Diklat USER 2023

Unit Seni Rupa (USER) UGM merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di lingkungan Universitas Gadjah Mada yang berkecimpung dalam bidang seni. Pada setiap tahunnya, USER UGM membuka Open Recruitment anggota baru yang pada tahun ini dilaksakan pada tanggal 16 Agustus hingga 8 September 2023. Salah satu rangkaian dari Open Recruitment USER adalah Pendidikan Dasar (Diksar) yang bertujuan untuk mencari anggota USER yang bersemangat, kreatif, dan berdedikasi untuk dapat berdinamika bersama dalam Unit Seni Rupa UGM. Pendidikan Dasar (Diksar) USER UGM pada tahun ini dikoordinator oleh Khansa Ath-Thahirah dengan wakil koordinator lapangan Tika Nur Amini.
Pendidikan Dasar (Diksar) USER UGM memiliki beberapa rangkaian yang terbagi menjadi 3 kegiatan yaitu Diksar 1, Diksar 2, dan Diksar 3. Pada setiap Diksar bertujuan untuk mengenalkan seni dari dasar serta lebih memahami aliran seni yang ada. Kegiatan Diksar USER UGM 2023 terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi materi dan games yang berbeda pada setiap minggunya. Diksar 1 USER dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 September 2023 yang bertempat di GOR Pancasila UGM. Pada Diksar 1 ini para Calon Anggota USER belajar tentang pengenalan dasar seni rupa. Pematerian pada diksar 1 oleh Eka Nurcahyani yang merupakan seniman sekaligus alumni anggota USER UGM. Diksar 2 dilaksakana pada tanggal 23 September 2023 yang bertempat di Selasar GOR Pancasila UGM. Pada Diksar 2 ini Calon Anggota USER 2023 mendapatkan materi tentang pendalaman seni 3 Dimensi yang diberikan oleh Agustinus Kuswidananto yang merupakan salah satu seniman asal Yogyakarta. Acara ini dapat melatih keterampilan para calon anggota USER dengan games pembuatan seni dari plastisin. Diksar 3 USER dilakukan pada hari Sabtu, 30 September 2023 di Selasar Grha Sabha Pranama UGM dengan menyungsung tema eksporasi aliran seni. Pada kegiatan Diksar 3 ini diisi oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Seniman (PSDS) USER 2023 dengan rangkaian acara berupa pengenalan aliran seni dan games menggambar bersambung.
Pendidikan Dasar (Diksar) USER 2023 dihadiri oleh Calon Anggota USER dengan jumlah sekitar 70-100 orang dengan antusias yang luar biasa. Para Calon Anggota USER pada saat kegiatan aktif bertanya dan memiliki banyak inisiatif. Kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) USER 2023 yang telah berakhir pada 6 November 2023 ini diharapkan dapat mempererat hubungan antar Calon Anggota USER 2023. Selain itu, kegiatan ini dapat membantu para Calon Anggota USER 2023 untuk mengingat kembali dasar-dasar ilmu seni serta dapat memicu jiwa seni untuk lebih berkarya lebih hebat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top