Ruang Bebas Berekspresi dalam GAMARUPA 2023

Tempat untuk mengekspresikan diri, digelar dalam pameran berwacana “Padepokan Bulak Sumur” pada lima hari di GAMARUPA 2023.

Pameran GAMARUPA 2023 “Padepokan Bulaksumur” digelar pada tanggal 11-15 September 2023. Pameran ini dilaksanakan di Yayasan Rumah DAS, Condongcatur. Dapat terlihat bahwa pada pameran GAMARUPA kali ini memberikan ruang pada seniman-seniman Universitas Gadjah Mada untuk mengekspresikan karyanya dengan berbagai tema tertentu. Karya yang dihadirkan juga beragam, mulai dari karya lukis akrilik pada kanvas hingga karya animasi yang ditampilkan menggunakan laptop.

Berikut ini merupakan salah satu karya lukis yang dipajang pada lantai 1 pameran GAMARUPA, yakni karya yang mengangkat terkait perasaan seorang perempuan yang melanjutkan pendidikannya di fakultas teknik. Karya ini bersifat 3 dimensi dengan tusukan pisau pada kanvasnya serta guguran kelopak bunga yang menempel pada kanvasnya yang membuat karya ini terasa memiliki makna yang sangat dalam

Selain memajang karya penuh makna, GAMARUPA 2023 juga menghadirkan karya interaktif dimana pengunjung bisa turut berpartisipasi dalam karya tersebut. Contohnya pada karya ini, pengunjung dapat menuliskan UKTnya pada kertas yang disediakan di bagian bawah.

Terdapat juga karya interaktif lainnya yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai kamar seorang mahasiswa UGM. Dibalik karya ini, terkandung makna dalam tentang mahasiswa UGM yang pulang ke kamarnya dan melihat ada seseorang tidur di kasurnya. Seakan-akan tempat ternyaman mahasiswa tersebut untuk pulang dan beristirahat, justru dimanfaatkan oleh pihak luar untuk kepentingannya sendiri di atas kepentingan pemiliknya.

Pada lantai dua juga masih terdapat karya-karya yang tidak kalah menarik. Mulai dari karya lukis akrilik, karya 3 dimensi, hingga karya digital yang dicetak lalu dipajang. Selain itu, terdapat pula karya interaktif di pojok ruangan pada lantai ini, dimana pengunjung dapat menuliskan lagu favorit pada sticky notes dan menempelkannya pada dinding yang disediakan

Penulis: Ryela

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top