“Intergalactic Symphony: Fusion of Life and Cosmos” – Karya Seni Instalasi yang Menyatukan Tujuh Seniman USER dalam Event Exposure 2023


Pada Jumat lalu, 29 Juli 2023 teman-teman seniman USER terdiri dari Azelsya, Mumu, Rania, Syukron, Sekar, Tri, dan Fadia memamerkan karya instalasinya pada Interactive Space yang diusung oleh IKAMMA (Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen UGM) dalam event Exposure 2023. Teman-teman seniman membuat karya bertajuk “Intergalactic Symphony: Fusion of Life and Cosmos”. Karya mix media ini berbentuk balok dengan keempat sisi yang memiliki cerita berbeda. Di antara karya yang dipamerkan pada Interactive Space, karya ini menjadi satu-satunya karya interaktif dengan display khusus sehingga karya ini bisa diputar-putar oleh pengunjung pameran.

Karya yang memiliki empat sisi dan empat karakter yang berbeda ini menggambarkan keharmonisan antarmakhluk hidup di galaksi. Makhluk-makhluk hidup tersebut direpresentasikan oleh gambaran kambing, bebek, manusia, dan reptil yang kemudian diikuti dengan corak warna galaksi. Dengan ke-interaktifan karya yang dapat diputar-putar, antarkarakter makhluk hidup tersebut dapat digabungkan, misal karakter bebek dengan badan manusia dan berkaki kambing, atau gabungan-gabungan lainnya. Tergabungnya empat karakter tersebut menjadi simbol keharmonisan atau sinergi dalam galaksi, sesuai dengan tajuk karya, “Intergalactic Symphony: Fusion of Life and Cosmos”.

Dibalik karya instalasi yang hebat ini, terdapat tujuh seniman dengan art style yang berbeda-beda. Namun, perbedaan art style tersebut tidak menghalangi proses pembuatan karya. Dalam proses pelukisan mereka terus berkomunikasi satu sama lain, agar hasilnya dapat maksimal. Alih-alih menjadi halangan, perbedaan tersebut menjadikan karya ini unik dengan bentuk integrasi dari ketujuh art style yang berbeda. Mumu, salah satu seniman mengatakan bahwa selama pembuatan karya, ketujuh seniman terlihat menikmati prosesnya, ia belajar banyak tentang teknik-teknik baru, juga tentang saling percaya antarseniman.

Penulis: Coreomaranth

Scroll to Top