Arts : Perspective and Life

Dalam suatu pameran, terpajanglah satu lukisan yang terkenal oleh banyak orang. Lukisan tersebut bergambarkan seekor beruang di tengah hutan yang sedang memeluk beruang putih kecil dalam dekapannya. Lukisan itu menarik perhatian dari hampir seluruh orang yang mengunjungi pameran tersebut. Satu pengunjung melihat lukisan tersebut sebagai karya yang mengekspresikan kesedihan, dimana sosok ibu beruang yang melindungi anaknya dari bahaya. Satu pengunjung yang lainnya, merasakan hawa alam bebas dari lukisan tersebut, ia merasa bahwa lukisan tersebut mengilustrasikan keadaan alam bebas yang tenang. Lalu beralih ke pengunjung lainnya, yang melihat lukisan tersebut sebagai simbol kebahagiaan, dimana kebahagiaan dapat dirasakan oleh siapapun dan dalam kondisi apapun.

Semua interpretasi muncul dari kerumunan tersebut. Tiada satupun yang mengetahui bahwa sang pelukis asli dari karya tersebut memaknai lukisan beruang sebagai dua anak kembar yang memiliki ciri fisik berbeda yang berbagi satu hati. Sebuah karya seni memang tidak bisa berarti sama dalam pandangan setiap orang, namun kejadian seperti ini, memiliki arti yang tak ternilai. Bagaimana setiap orang meluapkan interpretasi yang tak terduga dari satu karya saja? 

Bagaimanapun juga, perbedaan dari pemaknaan suatu karya dapat berdasarkan dari pengalaman hidup setiap orang. Pengalaman hidup, latar belakang, hal-hal seperti itu dapat memengaruhi bagaimana perspektif orang dalam mengartikan suatu karya yang mereka lihat. “Seni adalah sesuatu yang bisa memberi makna dalam kehidupan,” perkataan seperti ini menjelaskan bahwa seni memberi arti yang sangat dalam untuk memahami emosi diri sendiri, membuka kita kepada pandangan, ide dan pengalaman yang baru. Sama seperti segala pengartian yang beragam dalam suatu karya tadi, dimana pemaknaan karya dapat menarik nalar inspirasi dari seseorang. Inspirasi-inspirasi yang muncul itu adalah yang membuat dunia manusia semakin maju. 

Dimulai dari tangan yang menggoreskan warna pada kanvas, satu demi satu,  perlahan-lahan warna tersebut menjadi sebuah karya. Emosi, ekspresi yang tertuang pada lukisan  membentuk suatu karya yang indah, yang memiliki banyak arti di dalamnya, yang melahirkan banyak inspirasi dan interpretasi dalam orang-orang. Untuk kalian, janganlah pernah berhenti berkarya, karena setiap karya memiliki makna dan keindahan dibaliknya masing-masing, juga akan lebih istimewa apabila segala keindahan itu kalian lah yang menciptakannya.

 

Penulis: Daneyy

Scroll to Top