Art Block : Lingkaran Jenuh Pekerja Kreatif

Inspirasi menguap, ide terhenti, karya terjeda. Yap, art block. Art block merupakan salah satu fase yang paling dihindari oleh para pekerja kreatif. Pasalnya dalam fase ini seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengeksplorasi berbagai macam ide untuk karya mereka. Selain  itu, jangankan memikirkan konsep baru pada karya mereka, virus art block ini juga berpengaruh pada proses pengerjaan karya. Biasanya proses pengerjaan karya membutuhkan waktu lebih cepat dalam menyelesaikannya, malah tertunda karena adanya pengaruh art block ini. Belum lagi jika ada deadline yang sudah mengejar. Wah, tentunya akan betul-betul menyiksa.


Bisa dibilang bahwa penyebab dari art block ini karena adanya rasa jenuh dalam proses berkarya. Bisa jadi karena terlalu lelah dalam proses pengerjaannya, kehabisan ide untuk projek baru, dan bosan dengan rutinitas atau kegiatan yang itu-itu saja. Memang art block terkadang menjadi hal yang sulit untuk dihindari. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membasmi virus art block-mu!

1. Ambil jeda 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa jenuh dan bosan menjadi penyebab utama art block. Rehat, berjalan-jalan, dan beristirahat sejenak dari rutinitas merupakan pilihan yang tepat untuk me-refresh kembali pikiranmu! Dengan pikiran yang ter-refresh dan energi yang kembali terisi ulang, inspirasi dan kreativitas akan lebih mudah untuk didapatkan!

2. Konsultasi dengan sekitar

Mencari ide dan kreativitas selain dengan brainstorming bisa kamu lakukan dengan berkonsultasi dengan orang terdekatmu. Tak perlu muluk-muluk berkonsultasi dengan ahlinya, sekadar berbincang ringan dengan teman dekat bisa juga kamu lakukan. Percaya atau tidak terkadang ide bisa tetiba muncul ketika kita tidak mengharapkannya. Jadi, selagi mengambil jeda dari rutinitas dan berbincang ringan dengan teman dekat atau orang sekitar ternyata bisa membantumu dalam mengatasi art block loh!

3. Kreasikan ulang karya pertamamu

Terdengar sedikit aneh, tapi percaya atau tidak dengan mengkreasikan ulang karya pertamamu bisa menjadi salah satu solusi. Mengkreasikan karya lama akan memacu diri untuk membuat sesuatu yang baru. Hal tersebutlah yang akan melatih dirimu untuk terus berpikir dan mengeksplorasi hal-hal yang baru.

4. Dobrak dinding penghalang

Apabila beberapa hal di atas sudah kamu coba, tubuh sudah ter-refresh, brainstorming ide dengan konsultasi sudah dilakukan, dan berkreasi dengan karya-karya terdahulu juga sudah dicoba, tapi kamu masih merasa virus art block masih ada di sekitarmu, menerobos adalah cara yang bisa kamu lakukan. Sebelum semakin terjerembab dalam kungkungan art block dan berubah menjadi rasa malas yang berkelanjutan, cobalah untuk langsung mulai berkarya apapun hasilnya! Dengan begitu, itu akan memacu dirimu untuk terus produktif dan menuangkan ide-ide spontan yang dimiliki.

Mengatasi art block memang membutuhkan usaha yang lebih, tapi hal itu jauh lebih baik daripada terus berputar dalam lingkaran art block. Titik jenuh pasti akan selalu ada dan jangan lupa untuk selalu me-refresh diri untuk menciptakan karya yang lebih eksploratif dan mengasah kreativitas diri! 

 

Penulis: Chresoned

Scroll to Top