Artstyle: Alarm Pengingat Penikmat Karya

Coretan penuh warna? Goresan hitam putih? Atau lain lagi ciri khas yang kamu miliki dalam karyamu? Sadar atau tidak setiap seniman memiliki ciri khasnya masing-masing dalam karyanya. Entah dengan gaya realistisnya atau dengan coretan abstraknya. Ada sebuah ciri khas yang membedakan seniman satu dengan lainnya. Menengok ke arah hobi, bagi para pemula yang baru memasuki dunia seni rupa ataupun yang ingin lebih memberi fokus pada bidang ini, terkadang masih merasa kesulitan dalam menemukan ciri khas karya mereka atau yang biasa disebut Artstyle. Walaupun hal ini tidak bisa didapatkan secara instan, tapi ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menemukan jati diri karyamu. Nah, berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu ikuti buat nemuin Artstyle-mu!

 

1. Berkarya dengan berbagai medium

Pernahkah kamu mencoba melukis dengan tinta? atau membuat instalasi dengan barang bekas? Contohnya apabila fokus yang ditentukan adalah melukis, medium yang dapat digunakan yaitu cat air, cat minyak, tinta, kanvas, kertas, bahkan dapat juga menggunakan medium lukis secara digital. Masih banyak lagi medium yang dapat kamu coba. Lebih banyak mengeksplorasi medium serta teknik yang digunakan, tentu dapat mempermudah dalam menemukan Artstyle yang mencerminkan diri kamu banget!

2. Menentukan objek

Hal lain yang dapat kamu coba adalah pilihlah objek yang paling ingin dijadikan karya. Misalnya dengan memiliki objek favorit untuk dilukis. Hal ini juga bisa menjadi salah satu Artstyle-mu yakni dengan ciri khas objek yang serupa. Selain itu, dengan menggunakan objek yang sama, tentunya akan mempermudah dalam menentukan teknik dan medium favorit!

3. Konsistensi dalam berkarya

Yang terakhir tapi juga nggak ketinggalan penting adalah konsistensi. Semakin sering mengeksplorasi berbagai hal dalam seni, berlatih dengan kontinuitas yang pasti, tentunya akan membuatmu semakin cepat dalam menemukan ciri khas karyamu. Lebih lagi, dengan konsistensi tersebut dapat menjadi sarana untuk terus mengembangkan karyamu.

Artist: fate

Artist: @eliuso

Mencari ciri khas karya atau Artstyle sendiri memang bukanlah proses yang singkat. Dibutuhkan konsistensi dan kontinuitas dalam mengembangkan diri sehingga mampu menciptakan karya yang diinginkan. Walaupun terlihat sederhana, tapi secara sadar maupun tidak Artstyle-mu bisa menjadi hal yang sangat berarti, sesimpel penikmat karya mengingat karyamu sebagai ciri khasmu!

 

Penulis: Chresoned

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top