Coretan Penyembuh Luka

Sering dengar bahwa seni bisa mengobati luka? Atau pernah dengar tapi masih butuh penjelasan lebih? Kalau iya, semoga sederetan kata di bawah bisa memberikanmu kejelasan terkait hal tersebut!

Dalam hidup, manusia melewati berbagai hal dimana selalu ada emosi yang tercipta di setiapnya. Emosi yang dirasakan pun bermacam-macam. Senang, bahagia, sedih, ketakutan, semua hal itu sepatutnya dirasakan. Tetapi untuk beberapa orang, mengekspresikan emosi, menunjukan isi hati yang dirasakan, merupakan sebuah kesulitan. Belum lagi ketika emosi yang dirasakan bersifat negatif. Tanpa disadari, hal itu akan berakibat buruk bagi diri sendiri. Menilik hal kecil yang banyak terjadi di kehidupan sehari-hari, banyak orang yang memiliki kesulitan dalam mengekspresikan apa yang ia rasakan, menumpuk emosi negatif dalam diri, membungkam mulut dengan ribuan keluhan, dan kehilangan susunan kata untuk bercerita. Apabila hal tersebut terus terjadi, tentunya dapat berakibat buruk untuk kesehatan, baik mental maupun fisik. 


Selayaknya kotoran yang harus dibuang, emosi dan perasaan negatif tersebut baiknya dapat terekspresikan sebagaimana mestinya. Untuk beberapa orang yang mengalami kesulitan, hal tersebut dapat disalurkan melalui seni. Lalu, bagaimana hal itu bisa terjadi? Art Therapy atau Terapi Seni merupakan kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyalurkan emosi yang dirasakan dalam diri melalui seni. Salah satunya melalui seni lukis. Tak ketinggalan, selain menjadi sarana untuk menyalurkan ekspresi, terapi seni juga bisa membantu  dalam penyembuhan kesehatan mental, meningkatkan self-esteem, dan memberikan energi positif pada diri. 


Tidak perlu peralatan yang rumit, terapi seni dapat dilakukan dengan alat-alat yang sangat simple dan mudah ditemukan di sekitar kita. Hanya dengan kertas dan alat untuk membubuhkan coretan, kamu bisa mulai untuk mengekspresikan emosimu. Dibanding terciptanya sebuah karya yang megah, coretan emosi lebih dibutuhkan disini. Buatlah coretan dengan sebuah bolpoin, gelap terang emosi dengan sebuah pensil, warna perasaan dengan cat, dan biarkan semua itu tercipta sebagaimana yang dirasa. Dengan begitu, hal ini bisa membuat dirimu terasa hidup.


(Creator : Dwi Asy Syafa’Atul; Pinterest)

Mungkin hal tersebut terlihat sederhana dan tak bermakna, tetapi dibalik coretan dan goresan asal tersimpan emosi yang dirasa, yang sekiranya hal tersebut bisa membantu dirimu untuk jadi lebih hidup!^^

 

Penulis: Chresoned

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top