Kreasi Still Life di Sabtu Pagi

Terbayang apakah teman-teman ketika menafsirkan Sabtu pagi?

Luangan waktu dari sesaknya rutinitas?

Yahudnya rasa kebebasan dari penat?

Barangkali. Apalagi ketika momentum tersebut hadir di akhir minggu kawan peminat seni rupa, artinya hadir pula waktu untuk menggarap karya, mengapa tidak?

 

Mantapnya semburat Sabtu pagi bertanggal 18 Maret 2023 dirayakan dengan kegiatan Kelas USER #2—sebagai sekuel dari kegiatan menyenangkan yang ada pada minggu sebelumnya. Aktivitas Kelas USER seri ini—yang berada di Ruang Rapat GOR Pancasila, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta—bertumpu pada pembuatan karya Still Life menggunakan pensil grafit serta diisi oleh maestro Bapak Drs. Suhardi.

 

Pengutaraan awal materi sang narasumber menggaet perhatian peserta dengan makna dari gambar bentuk Still Life: “gambar objek benda mati yang disusun secara spesifik untuk menghasilkan efek visual yang baik”. Dari situlah beranjak menuju ragam teknik gambar bentuk yang dapat dimanifestasikan untuk terciptanya karya dengan keunggulan, kekayaan, serta kedalaman visual. Lanjutnya dilihatkan teknik krusial lainnya dalam menajamkan makna kreasi karya: perihal komposisi serta pencahayaan. Sang narasumber pun menunjukkan sekian sampel ciptaan dengan varian pada proporsi, komposisi, ritme, warna, maupun interes dalam lingkup Still Life. Lalu ditekankan pula motivasi akan keindahan suatu karya, yang idealnya dapat “benar, baik, indah, membuat aura menjadi damai” sehingga “menggetarkan jiwa apresian”.

 

Usai dipantik inspirasinya, hendaklah para darah muda beraksi di atas kertas dengan perkakas pensilnya. Praktik kreasi dari aliran ide plus filosofi sekian kepala terhadap contoh objek interes—berupa termos, sepotong semangka, dan sebuah gelas—berprogres untuk semakin matang, diharapkan dapat berjasa dalam perjalanan mengasah tiap diri menjadi seniman mumpuni.

Seni tentu menghadirkan nuansa segar pada hidup, spesifiknya suatu poin pada hidup di Sabtu pagi setelah Kelas USER #2 telah rampung. Terjamin sudah bagi tiap peserta untuk mematangkan tiap komponen proses pemikiran dalam penciptaan kreasi, menampilkan karya mereka secara lebih percaya diri di masa mendatang, dan memanggul ilmu nan keren dan perlente untuk dipamerkan kepada koleganya (mana tahu, bukan?). Jika Anda belum pernah merasakan sensasi dititah oleh sang master, tenanglah, Anda bisa berpartisipasi dalam aktivitas Kelas USER seri berikutnya. Tunggu tanggal mainnya dan mari bersua untuk mencipta!

Penulis: Nelumbium

1 komentar untuk “Kreasi Still Life di Sabtu Pagi”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top